Perpustakaan Kotagede

Blusukan ke Kotagede tak akan lengkap jika tak mampir ke Perpustakaan Kotagede/Kotagede Heritage Library. Perpustakaan Kotagede adalah tempat nongkrong baru yang wajib dikunjungi jika kamu jalan-jalan ke kota tua ini. Perpustakaan keren di Kotagede ibi bisa diakses oleh siapa saja, apapun suku, agama, dan kepercayaan yang kamu anut.

Berdiri tahun 2013 lalu koleksi perpus ini memang masih terbatas. Koleksi buku-bukunya juga baru ada empat almari. Tapi percayalah buku-buku yang ada di dalamnya berkualitas. Ada buku sejarah, sastra, buku tentang Kotagede, dan buku-buku lain yang bikin kamu betah berlama-lama di tempat ini. Tempat ini bisa juga dijadikan rujukan bagi kamu yang mau bikin riset-riset tentang Kotagede.

Selain buku-buku, fasilitas lain yang bisa kamu nikmati di sini adalah free wifi dan ngobrol langsung dengan penunggu perpus. Pengetahuan penunggu perpus tentang Kotagede—kampung halaman mereka—dijamin sudah khatam. Bangun obrolan dengan penunggu perpus, dari sini kamu bisa dapat rekomendasi tempat-tempat keren yang wajib dikunjungi jika bertandang ke Kotagede. Sayangnya tempat nongkrong ini buka resmi di akhir pekan saja, Sabtu 14.00-18.00 dan Minggu 15.00-19.00 WIB. Tapi waktu buka dan tutup di akhir pekan itu fleksibel juga kok. Di luar waktu itu kamu bisa janjian dengan penunggu perpus. 

Perpusakaan Kotagede menggunakan salah satu ruangan yang ada di Ndalem Ngaliman, kamu dapat mengunjunginya di Pekaten, KG II/827 RT 43 RW 09, Kelurahan Prenggan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta 55172. Dari Pasar Kotagede bejalanlah menuju barat beberapa langkah. Gang pertama depan toko elektronik masuklah ke utara, kamu akan ketemu pendopo besar bernama di Ndalem Sopingen. Di timur jalan pendopo besar itu ada pendopo kecil yang terutup pohon dan kadangkala terutup mobil. Masuk saja ke area pendopo kecil itu, Perpus Kotagede ada di depannya. Korespondensi  bisa hubungi Email kotagedelib@yahoo.com FB Perpustakaan Heritage Kotagede Twitter @kotagedelib  Website http://kotagedelib.com/ CP 0856–4333–1130/0857–2935–9483

Komentar

Postingan Populer